Membuat Formula pada Program Microsoft Excel

Formula (rumus) pada aplikasi microsoft excel merupakan persamaan yang digunakan untuk melakukan penghitungan pada nilai-nilai di dalam lembar kerja (worksheet). Ketika membuat suatu formula (rumus) kamu harus mengawali dengan tanda tanda sama dengan (=). Misalnya, untuk menjumlahkan 3 dan 5 kemudian dikurangi 1 maka kamu menuliskan formula seperti =3+5-1.

Berikut ini, akan diulas mengenai ikhtisar formula pada program microsoft excel mulai dari cara penulisan formula pada lembar kerja, hingga penerapan formula yang lebih mendalam.

Membuat Formula pada Program Microsoft Excel

Untuk membuat formula pada lembar kerja atau worksheet microsoft excel, bisa disesuaikan berdasarkan jenis formula yang ingin kamu buat. Kalau dilihat dari isinya, formula pada microsoft excel terbagi menjadi 3, yaitu formula operator. Formula referensi, dan formula fungsi. Berikut ini, cara membuat formula pada program microsoft excel sesuai dengan jenisnya.

Membuat Formula Operator

Formula operator biasa dikenal sebagai formula yang menggunakan tanda atau simbol yang menyatakan proses penghitungan, misalnya operator penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh: kamu ingin menghitung 5 dikali 3 ditambah 9. Cara membuat formulanya bisa kamu lakukan dengan cara berikut:

  • Klik pada sel yang ingin kamu buat formula.
  • Ketik =5*3+9

  • Tekan enter, maka pada sel akan menampilkan jawaban yaitu 24.

Tanda-tanda operasi yang bisa digunakan untuk formula operator yaitu:

  • + untuk operasi penjumlahan
  • – untuk operasi pengurangan
  • * untuk operasi perkalian
  • / untuk operasi pembagian
  • ^ untuk operasi perpangkatan

Selain itu, digunakan juga aturan baku sehingga kamu perlu menggunakan tanda kurung. Misalnya dalam kasus =10-2*3. Pada formula tersebut menunjukkan bahwa perkalian akan dihitung terlebih dahulu sehingga jawabannya adalah 4. Jika kamu ingin pengurangan dikerjakan terlebih dahulu, maka kamu bisa menulis membuat formula sepert =(10-2)*3. Dengan demikian, maka kamu akan mendapat jawaban atau nilai 24.

Membuat Formula Referensi

Formula referensi merupakan formula yang dibuat dengan merujuk pada sel lain. Setelah mengisi beberapa data pada lembar kerja (worksheet) microsoft excel, mungkin kamu ingin melakukan beberapa pengolahan data. Sebagai contoh, data mengenai penjualan baju dari Toko XYZ. Kamu bisa melihat tampilan berikut ini.

Pada contoh di atas, kamu akan menghitung keuntungan atau profit dari setiap tipe baju. Untuk mendapatkan besar keuntungan, maka kamu harus mengurangkan harga jual dengan modal. Untuk membuat formulanya, kamu bisa lakukan cara berikut:

  • Tentukan dan klik sel yang diinginkan untuk menampilkan hasil perhitungan. Dari contoh di atas, kamu bisa menempatkan hasil perhitungan pada sel D2.
  • Buat formula dengan mengetikkan tanda sama dengan (=), klik sel C2, ketik tanda kurang (-), klik sel B2. Selain itu kamu juga bisa mengetikkan secara manual, yaitu =C2-B2. Tampilan akan menjadi seperti gambar berikut:

  • Tekan enter pada keyboard, sehingga akan muncul hasil operasi dari formula yang telah kamu buat, yaitu 25000.

  • Untuk menghitung profit pada tipe B, tipe C, dan tipe D, kamu bisa klik sel yang telah kamu buat, kemudian arahkan kursor pada sudut kanan bawah sel tersebut hingga kursor berubah menjadi ikon (+).

  • Selanjutnya tahan tanda tersebut dengan mengklik kiri mouse dan tarik ke bawah hingga sel D5, kemudian lepaskan.

  • Dengan demikian, maka semua profit telah selesai dihitung.

Membuat Formula Fungsi

Formula fungsi merupakan formula bawaan dari program microsoft excel. Ada banyak formula yang bisa kamu manfaatkan seperti SUM, AVERAGE, MAX, MIN, COUNT, dan lain sebagainya. Kamu bisa melihat pada Tab Formula menu insert function.

Selanjutnya akan muncul jendela yang memberikan beberapa pilihan fungsi yang bisa kamu gunakan.

Berdasarkan data yang telah dibuat di atas, akan dibuat jumlah profit dan rata-rata profit tipe Baju, Maka, pembuatan formula dengan fungsi bawaan microsoft excel bisa kamu lakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Ketikkan “Jumlah” pada sel C6 dan “Rata-rata” pada sel C7.

  • Untuk menghitung jumlah profit, arahkan klik sel D6, kemudian ketik tanda sama, SUM, dan buka kurung.

  • Blok dari sel D2 hingga D5. Kamu bisa melakukannya dengan menekan dan tahan tombol SHIFT dan tekan tombol panah ke atas hingga semua sel yang diinginkan terblok. Akhiri dengan tanda tutup kurung. Hasilnya akan menjadi =SUM(D2:D5). Kamu juga bisa mengetikkan secara manual, jika data cukup banyak.

  • Tekan enter, maka kamu akan melihat hasilnya, yaitu 95000.
  • Untuk menghitung rata-rata, klik sel D7 kemudian ketikkan tanda sama dengan (=), ketika AVERAGE, dan buka kurung.
  • Lakukan sama seperti saat menghitung jumlah, yaitu blok sel D2 sampai D6, atau ketik secara manual dan diakhiri dengan tanda kurung. Formula yang diperoleh adalah =AVERAGE(D2:D6).
  • Setelah menekan enter, maka kamu akan mendapatkan hasil rata-ratanya, yaitu 23750.

Formula fungsi merupakan formula yang sangat luas, mulai dari yang simpel hingga yang paling rumit. Beberapa formula yang simpel seperti SUM, AVERAGE, COUNT, COUNTA, dan lain sebagainya. Sedangkan formula fungsi yang cukup rumit bagi kebanyakan orang adalah formula logical seperti formula IF. Jika kamu klik tab Formula microsoft excel, maka kamu akan melihat banyak menu formula fungsi seperti financial, logical, text, math & trigonometri, date & time, dan lain sebagainya. Menu-menu tersebut merupakan formula fungsi yang cukup beragam dengan penggunaan yang cukup rumit. Namun, dengan mempelajari perlahan dan bertahap, maka kamu pasti akan menguasai setiap formula yang ada pada microsoft excel.

Melihat Formula Yang Telah Dibuat

Ketika mengetik formula, maka pada sel akan tampak nilai atau hasil pengolahan data. Jadi, kamu tidak bisa melihat formula yang telah dibuat pada sel. Formula yang kamu buat bisa dilihat pada formula bar.

Seperti pada gambar di atas misalnya. Kamu ingin melihat formula penjumlahan yang telah kamu buat. Maka, kamu cukup mengklik sel D6 kemudian melihat formulanya pada formula bar. Jika kamu klik pada sel yang bukan formula (rumus) maka pada formula bar akan menampilkan sama dengan teks pada sel. Misalnya, jika kamu klik pada sel A2 seperti gambar di atas, maka formula bar akan menunjukkan teks “Tipe A”. Begitu pula jika kamu klik pada sel yang kosong, maka formula bar akan kosong juga.

Jika kamu arahkan kursor pada formula bar kemudian mengklik teks pada formula bar tersebut, maka pada setiap sel yang terlibat akan ditandai seperti pada gambar berikut ini.

Pada gambar di atas, setelah formula bar di klik, maka sel B3, C3, dan D3 ditandai dengan kotak persegi. Pada sel D3 menampilkan kembali formula atau rumus yang telah dibuat.


Itulah ikhtisar formula pada program microsoft excel yang membahas cara membuat formula berdasarkan isinya. Ikhtisar ini merupakan dasar yang sangat penting buat kamu untuk mengawali kemahiran mengoperasikan microsoft excel, khususnya untuk pekerjaan pengolahan data yang berkaitan dengan angka.

Leave a Reply