Langkah Mudah Bekerja dengan Worksheet Microsoft Excel

Bagi kamu yang terbiasa bekerja dengan komputer khususnya memanfaatkan aplikasi microsoft excel, tentu kamu ingin pekerjaan kamu mudah dan cepat selesai. Maka itu, kamu harus memahami fitur-fitur, formula, dan fungsi yang disediakan dalam perangkat lunak microsoft excel ini. Selain itu, kamu juga membutuhkan tips dan trik mudah saat mengoperasikannya.

Microsoft excel merupakan aplikasi yang penuh dengan trik agar bisa efektif digunakan. Berikut ini, beberapa tips dan trik mudah yang bisa kamu lakukan ketika bekerja dengan worksheet microsoft excel.

Mengganti Nama Sheet

Secara default sheet/spreadsheet atau worksheet pada microsoft excel akan bernama sheet1. Sheet merupakan lembar kerja yang sedang kamu gunakan dalam microsoft excel. Di dalam sheet ini, kamu bisa mengolah data, membuat formula, melakukan editing, dan lain sebagainya. Nama sheet yang sedang kamu gunakan ada di bagian bawah.

Biasanya, orang ingin mengganti nama sheet sebelum data disimpan. Untuk melakukan penggantian nama sheet juga cukup gampang, kamu hanya perlu klik kanan pada sheet yang ingin kamu ganti namanya, kemudian ketikkan nama yang kamu inginkan. Untuk petunjuk lebih jelas, kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas diinginkan mengganti nama sheet1 menjadi “Input01”. Setelah klik Rename, maka langsung mengetikkannya seperti gambar berikut.

Menambah atau Menghapus Sheet

Biasanya, kamu membutuhkan sheet baru dalam satu file atau workbook. Untuk menambahkan sheet baru juga mudah, kamu cukup mengklik ikon yang ada di sebelah kanan nama sheet. Biasanya ada yang ikonnya plus (+) tapi ada juga yang ikonnya folder. Untuk lebih mudah kamu bisa lihat gambar berikut.

Kamu ingin menambahkan sheet pada workbook di atas, maka kamu cukup klik ikon yang diberi tanda. Selanjutnya kamu akan dibawa pada sheet baru.

Selain itu, sheet juga sudah bertambah menjadi 3 sheet dan yang baru saja ditambahkan bernama sheet3. Nama sheet otomatis disesuaikan dengan banyaknya sheet awal yang tersedia.

Selain menambahkan sheet, kamu juga bisa menghapus kalau kamu tidak membutuhkan lagi sheet tertentu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik kanan untuk sheet yang ingin dihapus, kemudian klik delete. Perhatikan gambar berikut.

Pada gambar di atas, kamu ingin menghapus sheet3. Setelah klik delete, maka otomatis sheet 3 akan hilang dari workbook excel yang kamu gunakan dan display akan menunjukkan pada sheet yang ada di sebelah kirinya seperti gambar berikut ini.

Menyembunyikan Sheet

Kalau kamu merasa tidak ingin menggunakan sheet tertentu untuk sementara waktu, kamu bisa menyembunyikannya. Caranya dengan klik kanan pada sheet yang dinginkan kemudian pilih hide. Misalnya seperti pada gambar berikut.

Kamu akan menyembunyikan sheet2, setelah klik hide, maka otomatis sheet 2 akan hilang, dan display sheet pada workbook akan menampilkan sheet yang ada di sebelah kanannya.

Setelah nanti kamu membutuhkan lagi sheet yang disembunyikan, kamu bisa klik kanan pada sembarang nama sheet, kemudian pilih unhide.

Selanjutnya kamu akan diarahkan pada kotak dialog yang berisi daftar sheet yang telah disembunyikan. Klik sheet yang ingin ditampilkan kembali.

Selanjutnya kamu hanya perlu klik OK atau tekan enter, maka sheet yang kamu inginkan bisa kembali tampil di workbook.

Memberi Warna pada Tab Sheet

Secara default, warna tab sheet pada microsoft excel adalah biru muda dan hijau. Mungkin kamu bosan dengan warna yang hanya itu-itu saja. Untuk mengganti warna pada tab sheet, kamu bisa klik kanan mouse pada sheet yang ingin diganti warna tabnya kemudian pilih tab color. Selanjutnya, kamu hanya perlu memilih warna sesuai dengan selera.

Setelah melakukan cara di atas, misalnya kamu pilih warna Blue, Accent 1, Darker 35%, maka tab sheet menjadi seperti gambar di bawah ini.

Kamu bisa lakukan cara yang sama untuk sheet lain yang ada pada workbook microsoft excelmu.

Memproteksi Sheet

Mungkin kamu ingin agar data-data yang telah kamu buat pada sheet di microsoft excel tidak bisa diganggu gugat oleh pihak lain. Maka dari itu, kamu perlu melakukan proteksi pada sheet tersebut. Caranya cukup mudah, kamu cukup melakukan klik kanan dengan mouse pada sheet yang ingin diproteksi, kemudian menginput password.

Pada contoh gambar di atas, misalnya kamu akan memproteksi sheet Input01. Maka kamu cukup klik kanan pada sheet Input01 kemudian pilih protect Sheet… Selanjutnya kamu akan dibawa ke kotak dialog untuk mengetikkan password.

Setelah mengetikkan password, klik OK atau tekan enter dan kamu akan diarahkan untuk mengisi ulang password.

Ketika ulang password kemudian klik OK atau enter, maka sheet Input01 telah terproteksi. Untuk memastikan keberhasilannya, kamu bisa klik 2 kali di sembarang sel. Jika muncul kotak dialog seperti pada gambar, maka proteksi berhasil.

Kamu harus ingat selalu password yang kamu gunakan, karena password tersebut berguna untuk membuka proteksi seandainya kamu ingin melakukan pengeditan. Untuk membuka proteksi, klik kanan dengan mouse pada sheet yang diinginkan kemudian klik unprotect sheet.

Setelah muncul kotak dialog, ketikkan password yang diminta dengan benar.

Selanjutnya cukup klik OK atau tekan enter, dan sheet sudah tidak diproteksi lagi.

Memindahkan atau Menggabungkan Sheet ke File Lain

Bagi yang terbiasa bekerja menggunakan aplikasi microsoft excel, sudah pasti menggunakan beberapa worksheet yang ada pada file yang berbeda. Untuk mempermudah pekerjaan dengan ragam file, solusi yang bisa kamu gunakan adalah menggabungkan semua worksheet dalam satu file khusus.

Kamu akan lebih mudah bekerja dengan mengimport satu atau beberapa sheet dari file lain. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka dua atau lebih file yang ingin digabungkan sheetnya.

  • Pilih worksheet pada file yang ingin dipindahkan, klik kanan pada mouse kemudian pilih move or copy.

  • Setelah muncul kotak dialog, pada pilihan label To Box, pilih file yang ingin digunakan untuk memindahkan sheet.

  • Pada label Before Sheet, kamu bisa menentukan letak sheet yang akan dipindahkan. Misalnya, kamu ingin meletakkan di sebelah paling kiri, maka kamu bisa memilih sheet yang paling atas. Tapi kalau kamu ingin meletakkan sheet di sebelah kanan, kamu bisa memilih (move to end). Selain itu, kamu bisa menempatkan dengan bebas letak sheet sesuai dengan keinginanmu.

  • Selanjutnya klik OK atau bisa dengan tekan enter pada keyboard, maka sheet yang diinginkan telah berpindah file.

Untuk memindahkan beberapa sheet lain, kamu bisa mengulangi kembali langkah-langkah di atas. Perlu kamu ketahui bahwa, ketika sheet telah dipindahkan, maka sheet pada file asli akan hilang. Sebaiknya kamu mengcopy dulu jika tidak ingin sheet pada file asli hilang.

Itulah beberapa tips dan trik mudah bekerja dengan spreadsheet atau worksheet pada microsoft excel. Setelah sukses melakukan tips dan trik spreadsheet di atas, jangan lupa untuk menyimpan file supaya hasil kerjamu tidak hilang.

Mengolah data dengan microsoft excel merupakan pekerjaan yang mudah, namun cukup menjenuhkan dan membutuhkan ketelitian. Untuk itu, pastikan kamu tidak lupa menyimpan datamu agar tidak mengulang pekerjaan dari awal.

Leave a Reply