Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan

Salah satu komponen penting perusahaan adalah slip gaji karyawan. Slip gaji karyawan merupakan bukti penerimaan gaji yang secara resmi diberikan oleh perusahaan. Melalui slip tersebut, penerima gaji dapat mengetahui rincian penghasilan mereka seperti: potongan, pajak, tunjangan, asuransi serta informasi terkait lainnya.

Format atau bentuk slip gaji yang digunakan perusahaan beragam. Tentu, Anda dapat menemukan banyak referensi format slip gaji di internet. Termasuk memuat informasi seperti nama lengkap, nomor KTP, periode gaji, serta informasi umum lainnya.

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan contoh referensi slip gaji yang dapat diunduh untuk perusahaan Anda.

Informasi dan Keterangan Umum

Informasi serta keterangan umum yang mendetail sangatlah penting. Nama, alamat, lokasi, nomor telepon perusahaan, alamat email, serta divisi atau departemen kerja yang harus tertera pada slip gaji.

Periode Gaji
Selain menentukan tanggal terima gaji, periode gaji juga sangat penting untuk mengetahui konsistensi rentang waktu penerimaan gaji. Sebab, setiap perusahaan memiliki periode yang berbeda-beda.

Data Personal Karyawan
Dalam slip gaji, data personal yang paling fundamental adalah nama lengkap dan nomor KTP. Dua data ini memudahkan Anda untuk menyusun pengalokasian referensi standar penggajian setiap karyawan.

Informasi Pajak
Biasanya, informasi pajak akan memuat keseluruhan data pajak umum termasuk gaji tiap bulannya yang telah terdaftar di kantor pajak. Ini pun disesuaikan dengan situasi pajak dan kebijakan perusahaan.

Bisa saja ada karyawan yang memutuskan untuk menyumbangkan sebagian gajinya untuk pelayanan sosial, maka bagian itu tidak dikenakan pajak. Bila skenario tersebut tidak ada, karyawan akan tetap dikenakan pajak standar sesuai dengan prosedur, sistem dan tarif pajak yang berlaku.

Dikarenakan pajak merupakan hal yang krusial, Anda sebaiknya menggunakan jasa akuntan pajak yang kredibel.

Komponen dalam Slip Gaji
Gaji yang paling umum diterima karyawan, biasanya berupa:

  • Gaji Pokok: merupakan gaji yang diterima berdasarkan jam kerja yang telah disepakati pada surat kerja atau kontrak kerja. Kemudian, disesuaikan dengan periode pembayaran perusahaan.
  • Bonus: bonus harus ditandai secara terpisah karena tidak setiap periode karyawan mendapatkan bonus.
  • Penghargaan: penghargaan perlu dicatat terpisah apabila perusahaan mengadakan penghargaan.

Sertakan Potongan Gaji Karyawan
Tidak semua total pendapat karyawan mendapatkan potongan pajak. Sebagian pendapatan yang dipotong untuk asuransi dan BPJS tidak dikenakan pajak.

Hitungan Gaji Bersih
Gaji bersih adalah jumlah yang diterima karyawan setelah dikurangi jumlah biaya pemotongan dan jumlah pajak. Penting untuk menambahkan kategori pendapatan apabila perusahaan Anda memiliki item pendapatan lainnya.

Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

Umumnya, slip gaji akan diberikan oleh HRD perusahaan kepada karyawan pada saat periode penerimaan gaji. Slip gaji tersebut berisi rincian gaji karyawan secara mendetail. Baik gaji pokok, tunjangan-tunjangan, asuransi kesehatan, jaminan ketenagakerjaan hingga koperasi, semuanya akan tertera secara rinci di slip gaji tersebut.

Beberapa orang menganggap penting slip gaji. Hal ini bukan tanpa alasan. Melalui slip gaji, karyawan dapat mengetahui nominal gaji apakah sesuai dengan kesepakatan kerja di awal.
Sebaliknya, adapun yang menganggap slip gaji tak begitu penting. Bagi mereka, jumlah dan bukti transferan langsung lebih penting ketimbang slip gaji. Alhasil, mereka jadi malas untuk meminta slip gaji kepada HRD kecuali untuk sekadar formalitas.

Masalahnya, jika tidak melihat slip gaji secara langsung, kemungkinan-kemungkinan seperti: ketidaksesuaian jumlah gaji, kesalahan penulisan potongan hingga kompensasi bisa saja terjadi.

Dan bagaimana kita dapat mengetahui kemungkinan tersebut apabila acuh tak acuh dengan slip gaji?

Bagi karyawan, slip gaji merupakan bukti otentik dan admininstratif yang legal dan sangat fundamental. Mengapa? Melalui slip gaji, perusahaan dan karyawan secara legal dilindungi hukum dan undang-undang ketenagakerjaan mengenai hak dan kewajibannya. Selain itu, slip gaji dapat berguna untuk mengajukan cicilan dan referensi untuk menerima pekerjaan baru.
Bagi perusahaan, slip gaji merupakan instrumen penting untuk mendokumentasikan pemberian gaji sekaligus cash flow perusahaan. Hal ini sangat vital bagi perusahaan, terutama dalam memonitoring jalannya bisnis.

Peraturan tentang Slip Gaji

Sebenarnya, tidak ada ketentuan yang mengharuskan perusahaan memberi slip gaji pada karyawannya. Walaupun di dalam Undang-Undang nomor 13 Tahun 2003 tidak tertera, namun diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Di situ, pemerintah mewajibkan perusahaan untuk memberikan bukti pembayaran upah atau slip gaji.

Slip gaji menjadi bukti tertulis bagi perusahaan dan karyawan yang berisi hak dan kewajiban bersama. Baik dalam bentuk slip gaji atau catatan tertulis lainnya, perusahaan wajib memberikan catatan dan bukti pembayaran upah kepada karyawannya.

Format Slip Gaji

Format slip gaji sangat ditentukan oleh karakteristik perusahaan. Tentunya, setiap industri perusahaan tertentu memiliki format slip gaji yang berbeda beda. Pada umumnya, slip gaji dapat dibuat sendiri melalui aplikasi Microsoft Word dan Excel dalam format doc./docx./excel. Anda bisa juga dapatkan format gratis secara online.

Slip Gaji Doc./Docx
Slip gaji dalam format doc./docx. sebenarnya paling umum digunakan. Selain karena mudah, doc. juga mudah dioperasikan di perangkat mana pun dengan cepat tanpa ribet.

Ini adalah contoh format doc. yang dapat Anda gunakan sebagai referensi:

Contoh Slip Gaji (doc)

Contoh Slip Gaji (excel)

Leave a Reply