Aplikasi Payroll Gratis Paling Terkini

Open Miracle

Salah satu payroll software gratis yang sudah lama beredar, open miracle mampu melakukan perhitungan gaji dengan praktis. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu HR payroll untuk membuat slip gaji. Seluruh data payroll plus catatan kehadiran karyawan dapat disimpan dengan baik dalam sistemnya. Namun, aplikasi ini memiliki keterbatasan. Sistem open miracle tidak disarankan untuk mengelola gaji dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, open miracle lebih sesuai digunakan untuk pemilik usaha kecil dan menengah. Satu lagi kelemahannya, untuk memakai open miracle, Anda harus mendownload Microsoft SQL Server terlebih dahulu. Tanpa aplikasi tambahan ini, Anda tidak dapat menggunakan open miracle.

HRTrack

Munculnya payroll software yang berasal dari Kanada ini diawali oleh maraknya start-up dan usaha dengan jumlah karyawan sedikit disana, sehingga sistem HRTrack pun didesain untuk memenuhi kebutuhan jenis usaha ini. HRTrack hanya mampu diimplementasikan untuk perusahaan dengan jumlah karyawan tak lebih dari sepuluh orang. Dari segi fitur, payroll software ini memiliki fungsi dasar payroll system pada umumnya, yaitu penggajian, catatan performa karyawan, bonus dan juga memonitor pelatihan yang diikuti karyawan. HRTrack terintegrasi dengan Microsoft Outlook, dan mungkin saja ini yang menyebabkan HRTrack belum bisa diakses lewat smartphone. HRTrack untuk saat ini hanya bisa diaplikasikan lewat desktop, yang secara otomatis mendorong user untuk menggunakan HRTrack bersamaan dengan Microsoft Outlook.

Wave

Satu lagi payroll software yang ideal untuk usaha kecil dan menengah, Wave memiliki fitur setor langsung sehingga perusahaan tidak perlu lagi memberikan gaji dalam bentuk tunai. Wave juga banyak digunakan oleh pekerja lepas atau freelancer, karena termin penggajian dapat dilakukan per minggu maupun per dua minggu. Secara singkat, keunggulan Wave adalah setor langsung, sistem kalkulasi yang ramah pengguna serta kemampuan untuk mencetak dokumen secara mandiri, baik itu formulir pajak maupun informasi perbankan lainnya. 

HR.my

Berbeda dengan opem miracle dan HRTrack yang butuh aplikasi tambahan dan hanya bisa digunakan dari desktop, HR.my dapat diimplementasikan dari desktop maupun smartphone. Fitur dasar kinerja dan pembayaran gaji karyawan dilengkapi oleh fasilitas lainnya seperti perhitungan tunjangan, pemotongan (jika ada) dan sisa cuti karyawan.

Dotx.Payroll

Dotx.Payroll adalah payroll software yang menyediakan paket gratis selain paket berbayar. Aplikasi ini dapat diakses dari desktop maupun smartphone. Selain menghitung gaji, Dotx.Payroll juga mampu melakukan setor gaji ke e-wallet karyawan sehingga memberikan efisiensi bagi perusahaan. Karyawan kemudian dapat dengan mudah menarik gajinya via ATM bank mitra Dotx.Payroll. Perhitungan pajak dan BPJS pun dapat dilakukan oleh software ini. Hanya dengan tambahan Rp. 5000 per kayawan, perusahaan Anda dapat memanfaatkan fitur sistem evaluasi karyawan. Sistem ini akan memudahkan Anda memonitor karyawan, memberikan reward yang sesuai, serta meningkatkan produktivitas karyawan. Jika Anda mengambil paket berbayar seharga Rp. 10.000 per kayawan, maka selain fitur sistem evaluasi di atas, Anda juga akan mendapatkan fasilitas face recognition. Face recognition mendeteksi kehadiran (termasuk kapan karyawan datang, kapan mereka keluar istirahat dan kapan mereka meninggalkan kantor), yang akan memudahkan perusahaan untuk menganalisa produktivitas secara lebih akurat.

Leave a Reply