What Is DotX?

DotX is a Digital Onboarding Toolkit for enterprises to recruit, onboard workers, manage human resources, process payroll, and disburse payments from one platform.

The DotX mobile app offers a new Experience for workers to work and control their finances.

Vision

To be the leading payroll for enterprises and financial platform unbanked workers in Indonesia, contributing to making life better for vulnerable groups through socially responsible products and services.

Mission

To provide solutions that will help make a significant improvement on our client’s bottom line and an impactful financial inclusion company in Indonesia by transitioning cash-based payroll to bank-based payroll.

Values

At DotX, one of our core values is to face big challenges. We believe in treating people fairly, holding high ethical standards, and communicate a vision for putting ethics before short-term interests.
INCREASING PROFITABILITY
Through Social Impact
Our solution not only saves your organisation time and money; we also provide your workers with financial education and services that would help them become more financially independent.

Financially Independent Workers Are Happier, More Focused, and More Productive Workers

To back up this claim with data, we invite you to start an impact analysis project with our team. It’s a free service from DotX.

Kamilia Salsabila
Impact Assessment Analyst, DotX
Email: [email protected]
Koperasi simpan pinjam adalah lembaga yang bergerak dalam bidang keuangan dengan kegiatan usaha yang berupa menerima simpanan maupun pinjaman. Semua tipe koperasi yang ada memegang asas yang sama yaitu asas kekeluargaan. Hal ini berlakukan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dalam melakukan usahanya, koperasi simpan pinjam memiliki modal yang berasal dari 2 sumber. Sumber pertama diperoleh dari simpanan anggota koperasi, baik yang bersifat simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela atupun hibah. Sumber kedua dapat diperoleh dari modal pinjaman kepada badan usaha atau koperasi lainnya.
Dalam Peraturan Pemerintah No.9 Tahun 1995 Pasal 19, dua kegiatan utama koperasi simpan pinjam yaitu menghimpun simpanan/tabungan berjangka koperasi serta memberikan pinjaman kepada anggota, calon anggota, ataupun koperasi lainnya. Jadi dari uraian tersebut, koperasi simpan pinjam dapat dikatakan sebagai wadah penyimpanan tabungan untuk anggotanya. Selain itu simpanan di koperasi bisa dimanfaatkan sebagai tabungan berjangka. Jasa bunga simpanan juga akan diterima oleh para anggota yang melakukan simpanan di KSP. Selain simpanan, koperasi simpan pinjam juga dapat memberikan pinjaman ke para angotanya yang sedang membutuhkan dana. Bunga pinjaman yang diberikan pun bersifat rendah dan terjangkau sehingga tidak akan memberatkan anggota koperasi itu sendiri.
Tujuan koperasi simpan pinjam yaitu membantu mensejahterakan perekonomian rakyar Indonesia dan memberikan kemudahan anggotanya dengan melakukan simpanan maupun pinjaman. Dengan adanya koperasi simpan pinjam, diharapkan memudahkan bagi masyarakat untuk menyimpan tabungan atupun memperoleh pinjaman. Dengan itu, secara tidak langsung akan membawa pengaruh positf terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia.
Koperasi memberi pinjaman uang kepada anggota, dengan uang yang berasal dari simpanan anggota. Uang yang dipinjam anggota dikembalikan dengan cara diangsur secara berkala sesuai dengan kesepakatan. Pemberian uang balas jasa ditentukan oleh masing-masing koperasi, dan uang yang diterima peminjam hanya akan dipotong biaya administrasi tanpa ada biaya ansuransi. Sedangkan Pinjaman Online adalah aplikasi yang mempertemukan peminjam dengan si pemberi pinjaman secara online. Dengan syarat yang cukup terbilang mudah hanya berbekal KTP dan KK peminjam bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga lebih dari Rp 50 juta kemudahan meminjam sesuai dengan yang dijanjikan, hanya dalam hitungan jam dana bisa langsung cair.