9 Cara Sederhana Mengoperasikan Microsoft Excel Seperti Sang Ahli

 

 

Bukan rahasia lagi kalau program microsoft excel adalah salah satu alat paling canggih untuk bekerja dengan data-data. Aplikasi ini terlihat rumit, meskipun cukup terlihat modern. Mungkin, kamu butuh waktu berjam-jam untuk mencari tahu informasi mengenai satu formula dari program ini.

Sekarang kamu tidak perlu membuang waktu berlama-lama untuk tahu trik dan tips microsoft excel. Melalui artikel ini, kamu bisa mempelajari beberapa trik spreadsheet, sehingga kamu bisa mengembangkan skill menggunakan microsoft Excel ke level yang lebih tinggi. Berikut ini, 9 cara sederhana mengoperasikan microsoft excel seperti sang ahli yang bisa kamu tiru.

Menggunakan Format Painter

Dalam mengolah data pada spreadsheet atau worksheet microsoft excel, kamu harus membiasakan diri menggunakan format painter. Format painter bukan untuk mengcopy dan mempastekan data, melainkan mengcopy dan mempastekan format yang digunakan. Misalnya, kamu ingin mengcopy penggunaan tabel pada data berikut:

Untuk melakukan copy dengan format painter, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik pada objek yang akan disalin formatnya. Kalau kamu ingin menyalin seluruh data, bisa gunakan CTRL+A untuk memblok semua data.

  • Pada tab Home, grup Clipboard, klik Format Painter.

  • Untuk menempatkan format pada lebih dari satu obJek pada tab Home, grup Clipboard, klik ganda Format Painter.

Kamu juga bisa menggunakan tombol keyboard untuk menyalin format dengan CTRL + SHIFT + C dan menempatkannya dengan CTRL + SHIFT + V pada lebih dari satu objek.

Selain itu, kamu juga bisa menampilkan format worksheet pada objek di halaman yang berbeda atau sel yang tidak berurutan pada worksheet yang sama.

Memilih Kolom atau Baris Spreadsheet

Tip cepat lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memilih kolom atau baris data pada microsoft excel adalah menggunakan tombol CTRL + SHIFT untuk memilih seluruh baris dan kolom. Caranya, kamu cukup klik pada sel pertama dari urutan data yang ingin ingin kamu pilih. ahan CTRL + SHIFT, kemudian gunakan tombol panah untuk mendapatkan semua data baik ke atas, ke bawah, maupun ke samping.

Kamu juga bisa menggunakan CTRL + SHIFT + * untuk memilih seluruh kumpulan data yang ada.

Import Data ke Excel dengan Benar

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi microsoft Excel adalah kamu dapat menggabungkan berbagai jenis data dari semua jenis sumber. Caranya adalah mengimpor data dengan benar sehingga kamu bisa membuat daftar dropdown microsoft Excel atau tabel pivot dengan mudah.

Untuk memanfaatkan fitur ini, kamu bisa menggunakan menu file atau data kemudian memilih salah satu sumber import data.

Memasukkan Data Yang Sama ke Dalam Banyak Sel

Dalam data yang kamu buat, mungkin kamu perlu memasukkan data yang sama ke sejumlah sel yang berbeda. Meskipun kamu bisa melakukan dengan copy dan paste, tapi ada cara yang lebih efektif yang bisa memberi kesan bahwa kamu sangat ahli dalam microsoft excel. Caranya bisa kamu lakukan dengan langkah berikut:

  • Pilih semua sel yang ingin diisi dengan data yang sama (gunakan CTRL + klik untuk memilih masing-masing sel yang tersebar di lembar kerja)
  • Di sel terakhir yang kamu pilih, ketikkan data tersebut
  • Gunakan CTRL + ENTER., maka data akan diisi untuk setiap sel yang kamu pilih.

Menampilkan Formula Excel Pada Spreadsheet

Mungkin kamu ingin tahu formula yang dibuat oleh orang lain, Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan tombol tampilkan rumus (shows formula) yang terdapat pada tab formula. Selain itu kamu juga bisa menggunakan CTRL + ~ pada keyboard. Rumus akan ditampilkan pada formula bar dan juga pada sel yang digunakan.

Misalnya, kamu ingin mengetahui formula yang digunakan pada sel I13 seperti gambar berikut:

Klik sel I13, kemudian tekan CTRL + ~. Atau klik menu shows formula pada tab formula.

Maka, akan muncul formula yang digunakan pada formula bar dan sel I13.

Membekukan Baris dan Kolom Microsoft Excel

Untuk membekukan baris dan kolom, kamu bisa menggunakan fitur Freeze Panes. Fitur Fungsi Freeze Panes memungkinkan kamu saat menggeser posisi sel-sel pada worksheet excel sehingga posisi baris dan atau kolom tersebut tidak ikut bergerak dan tetap dapat terlihat.

Dengan menggunakan freeze panes excel, maka kamu bisa melakukan beberapa hal seperti membekukan atau mengunci baris pertama sebuah worksheet, kolom pertama sebuah worksheet, lebih dari satu baris pada excel, lebih dari satu kolom pada excel, serta kolom dan baris sekaligus.

Misalnya, pada gambar data berikut ini, kamu akan membekukan baris pertama.

Caranya, kamu menuju tab view, kemudian klik freeze panes, dan pilih freeze top row.

Selanjutnya, jika kamu scroll ke bawah, maka baris pertama tidak akan hilang, namun akan terus tampil.

Masukkan Pola Data Secara Instan

Salah satu fitur hebat dari aplikasi microsoft excel adalah bisa secara otomatis mengenali pola data. Tapi ada yang jauh lebih baik pada program microsoft Excel, yaitu kamu bisa memasukkan pola data sendiri ke sel lain. Misalnya, kamu ingin membuat pola bilangan kelipatan 100 seperti gambar di bawah ini.

Untuk mengetik satu per satu, tentu akan membutuhkan waktu yang lama, selanjutnya, kamu hanya perlu memblok dua data, kemudian gunakan fill handle dengan menahan mouse kiri, tarik sampai dengan data atau sel yang kamu inginkan.

Menyembunyikan Baris dan Kolom pada Worksheet

Dalam beberapa kondisi, mungkin kamu memiliki informasi dalam baris atau kolom yang rahasia atau hanya untuk kamu saja. Untuk keperluan ini, kamu bisa melakukan Isolasi sel-sel pada worksheet microsoft excel dengan menyembunyikannya. Untuk melakukannya kamu bisa ikuti cara berikut ini.

Misalnya, pada gambar berikut ini, kamu ingin menyembunyikan kolom F

Klik pada kolom F, Klik kanan, kemudian pilih hide.

Selanjutnya kolom F akan disembunyikan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan menu format yang terdapat pada tab home, kemudian pilih hide & unhide, hide column.

Untuk menampilkan kembali kolom atau baris yang disembunyikan, kamu bisa menggunakan pilihan unhide.

Menyalin Formula Antar Worksheet

Ketika kamu menyalin rumus ke lokasi worksheet lain, kamu bisa memilih opsi tempel rumus khusus dalam sel tujuan. Berikut ini cara menyalin dan menempelkan rumus antar worksheet:

  • Pilih sel dengan rumus yang ingin disalin.
  • Tekan CTRL + C.
  • Klik sel tempat yang ingin digunakan untuk menempelkan rumus.
  • Jika sel tersebut berada di lembar kerja lain, buka lembar kerja tersebut dan klik sel yang diinginkan.
  • Untuk menempel rumus beserta pemformatannya dengan cepat, tekan CTRL + V. atau mengklik menu paste:

Itulah 9 cara sederhana mengoperasikan microsoft excel. Dengan sembilan cara tersebut, maka kamu akan tampak ahli dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Leave a Reply